Rabu, 27 November 2019

4 Street Food Khas Indonesia


Pernah gak kamu merasa lapar tapi gak pengen makan berat? Alhasil, kamu memilih ngemil kan? Camilan apa sih yang jadi favoritmu? Jajanan di minimarket atau street food di pinggir jalan? Sudah tahu belum kalau Indonesia memiliki beragam jenis street food yang rasanya nendang banget?

Street food menjadi salah satu kuliner yang digemari banyak orang. Tak hanya masyarakat lokal saja, turis internasional yang berkunjung ke Indonesia pun menyukainya. Indonesia memang memiliki kuliner street food beraneka ragam dan enak banget. Berikut ini  dirangkum 5 street food asal Indonesia yang gak bakal pernah punah!




1. cilok, Bandung 
      10 Street Food Indonesia Ini Gak Bakal Pernah Punah, Setuju?

adalah sebuah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacangkecap, dan saus. Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya. Terdapat telur atau daging cincang di dalamnya, karena terbuat dari bahan dasar tapioka maka cilok terasa kenyal saat dikonsumsi.

komposisi Bahan bakunya antara lain tepung kanji, bumbu bawang, dan beberapa bahan lainnya. Lalu campurkan dengan daging ayam atau sapi dengan menggunakan air. Kemudian direbus dan dibentuk bulat-bulat kecil seperti pentol bakso.

2. Leker
10 Street Food Indonesia Ini Gak Bakal Pernah Punah, Setuju?

Leker atau kue pisang Surabaya adalah salah satu makanan khas kota Surabaya. Makanan kecil ini berbeda dengan leker yang dikenal di Jakarta dan kota lainnya. Untuk kulitnya, adonannya kemungkinan adalah telur, tepung terigu, susu, gula dan air. Adonan ini kemudian dituangkan di atas wajan mini yang telah panas (biasanya dipanaskan di atas bara arang) untuk membuat kulit leker berbentuk lingkaran. Setelah cukup matang, penjual kemudian menaburkan potongan-potongan kecil pisang, coklat tabur, gula pasir dan susu kaleng. Penjual lalu melipatnya menjadi setengah lingkaran dan menyajikannya kepada pembeli.

3. Es Dung Dung
    10 Street Food Indonesia Ini Gak Bakal Pernah Punah, Setuju?

Es puter atau es dung dung (juga ditulis es dong donges tung tung, dan es tong tong) adalah salah satu hidangan pencuci mulut dari Indonesia serupa es krim berbahan dasar santan sebagai pengganti susu.[1][2] Es puter bertekstur kasar dan dibekukan secara tradisional dengan sebuah alat berbentuk tabung yang diputar-diputar di dalam es batu dan garam.[3]

4. batagor
      10 Street Food Indonesia Ini Gak Bakal Pernah Punah, Setuju?
Batagor (akronim dari bakso tahu goreng) merupakan jajanan khas Bandung yang mengadaptasi gaya Tionghoa-Indonesia dan kini sudah dikenal hampir di seluruh wilayah Indonesia.
Secara umum, batagor dibuat dari tahu yang dilembutkan dan diisi dengan adonan berbahan Ikan tenggiri[2] dan tepung tapioka lalu dibentuk menyerupai bola yang digoreng dalam minyak panas selama beberapa menit hingga matang. Variasi lainnya yaitu siomay, digoreng dan dihidangkan bersama batagor dan dikombinasikan dengan bumbu kacangkecap manissambal, dan air perasan jeruk nipis sebagai pelengkap.


sumber: https://www.idntimes.com/food/dining-guide/yoshi/10-street-food-indonesia/fullhttps://www.wikipedia.org/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar