Rabu, 27 November 2019

4 Kuliner Unik Khas Malaysia


   Negara Malaysia memiliki banyak imigran yang berasal dari India, Pakistan, Arab, China, dan Thailand. Hal tersebut menyebabkan makanan di Malaysia didominasi oleh makanan India, China, dan Malay.
    Kesamaan rumpun antara Malaysia dan Indonesia menyebabkan jenis kulinernya tidak terlalu berbeda dengan makanan khas Nusantara. Terdapat beberapa kuliner unik yang mirip dengan kuliner kita hanya berbeda nama saja. Penasaran seperti apa kuliner unik Khas Malaysia ini ? 

Berikut List Makanan Khas Malaysia yang sayang untuk anda lewatkan :


1. Kuliner Umai

       Kuliner Umai

Makanan khas Malaysia yang satu ini dinamakan Umai. Umai ini adalah kuliner yang berasal dari ikan mentah.
Walaupun berasal dari ikan mentah, tapi tidak semua ikan bisa dijadikan bahan utama hidangan ini. Hanya ikan segar yang digunakan. Biasanya ikan yang sering dipakai adalah ikan Parang, bawal putih, bawah hitam, ikan terubuk,dan juga udang.



Pada saat membuat hidangan ini, proses awal yang dilakukan adalah menghilangkan bau amis karena hidangannya berupa ikan mentah. Hal yang dilakukan adalah ikan direndam dengan jus limau kasutri.
Pada tahap selanjutnya setelah direndam, makan ikan ditaburi bumbu rempah rempah yakni gabungan dari bawang merah, bawang putih, cabai, garam, dan tak lupa bumbu penyedap rasa.  Setelah itu kuliner Umai siap dihidangkan dengan sambal tamahan jika masih kurang pedas.


2. Kuliner Cekodok
      Kuliner Cekodok
Makanan khas Malaysia yang satu ini berbentuk kue atau jajanan gorengannya Malaysia. Yang membedakan gorengan Malaysia dan Indonesia adalah terdapat pada bahan gorengannya. Jika biasanya di Indonesia bahan gorengannya terbuat dari bahan bahan yang tidak bergizi, gorengan Malaysia ini terbuat dari bahan dengan kandungan gizi yang tinggi seperti udang, ikan, labu, pisang, dan masih banyak lagi.
Setiap jenis Cekodok ini mempunyai rasa dan tekstur yang berbeda beda. Proses pembuatannya sendiri sama yakni dengan menggunakan bahan yang digiling sendiri. Setelah itu adonannya dibuat menggunakan baking powder sebagai pengembang. Bentuk dari kue ini sendiri bulat bulat tidak sempurna dan mempunyai warna cokelat kehitaman. Hal ini disebabkan karena penambahan gulanya yang membuat rasanya manis.
3. Manok Pansoh 
      Kuliner Manok Pansoh
Kuilner selanjutnya yang proses pembuatannya tergolong unik adalah Manok Pansoh. Kuliner ini sama dengan ayam bamboonya Menado. Makanan ini berasal dari Serawak dan biasanya disajikan untuk kaum Ibam di Serawak sebagai hidangan tradisional.
Proses pembuatannya sendiri adalah pertama tama bamboo dibersihkan kemudian dilapisi daun pisang. Setelah itu barulah dimasukkan daging ayam beserta bumbu bumbunya. Untuk menahan agar uapnya tidak keluar, maka permukaan bamboo dilapisi dengan daun ubi. Prosesnya sama jika anda ingin mengganti daging ayam dengan ikan.
4. Es Air Mata Kucing 
      Kuliner Es Air Mata Kucing
Mendengar kuliner ini pasti anda akan membayangkan kuliner yang ekstrem. Tapi, jangan salah es air mata kucing ini adalah kuliner yang sangat enak. Bahkan karena Kesegaran dan rasa manisnya, kuliner ini masuk dalam daftar kuliner 10 minuman terenak di dunia pada tahun 2011 versi CNN.
Penyebutan Es air mata kucing ini disebabkan oleh isi dari minuman ini terbuat dari buah Kelengkeng. Di Malaysia, buah ini lebih dikenal sebagai buah mata Kucing. Inilah penyebabnya minuman ini dinamai seperti itu. Terdapat manfaat kesehatan yang bisa kita temui dari minuman ini yakni sebagai obat penurun panas dalam.
Jika ke Malaysia, jangan melewatkan kuliner yang satu ini daripada anda dibuat penasaran olehnya.

itulah 4 Makanan Khas Malaysia yang Patut anda cicipi ketika berkunjung ke Malaysia. Anda akan menemukan pengalaman wisata kuliner baru saat mengekspore kekayaan kuliner khas Malaysia ini. Selamat mencoba !!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar